http://ift.tt/1fMAEAe http://ift.tt/1fMAEAehttp://ift.tt/1fMAEAe

Di department stores, restoran, cafe, atau bahkan di rumah maupun apartemen, kamar kecil di Jepang merupakan tempat yang takkan terlupakan karena teknologinya yang tingkat tinggi, sangat bersih, dan sangat nyaman.

Ini salah satu toilet super canggih yang biasa ditemukan di Jepang

Inilah tampilan toilet Jepang yang paling lazim ditemukan. Kalian dapat menemukan toilet jenis ini di berbagai tempat umum, juga di rumah/apartemen Jepang. Toilet ini memiliki panel kontrol di sisinya dan penghangat tempat duduk yang sangat nyaman saat diduduki, khususnya saat musim dingin.

– Panel Kendali –

Mari lihat lebih dekat!

Walau sekilas toilet ini terlihat seperti toilet ala Barat, ada beberapa tambahan fitur – seperti pengering, pemanas tempat duduk, opsi memijat, pengatur semprotan air, pembuka tutup toilet otomatis, flush otomatis, panel kendali wireless, pemanas ruangan dan pengkondisi udara untuk ruangan – menjadi bagian dari toilet maupun bagian dari tempat duduk toilet. Fitur ini dapat di akses oleh panel kendali (terkadang bentuknya wireless) yang ditanam di sekitar dudukan toilet maupun dinding terdekat.

Jenis panel kendali lainnya

Panel kendali toilet dapat ditanam di toilet atau di dinding dekat toilet seperti pada gambar di atas.

Water jet 

 Seperti inilah jika semprotan air beraksi!

Otohime, suara flush ajaib –

Di tempat-tempat publik, khususnya di toilet department stores maupun stasiun kereta api, kalian dapat menemukan panel kendali jenis lain. Panel ini disebut “otohime” yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “putri suara”. Hanya dengan melambaikan tangan di dekat sensor untuk mengaktifkan suara. Suaranya seperti suara flush biasa yang cukup keras untuk menutupi suara-suara memalukan yang mungkin akan kalian keluarkan saat menggunakan toilet. Suara tersebut akan diputar selama 25 detik dan kalian dapat menekan tombol berhenti untuk menghentikannya kapan saja.

– Pengering tangan –

 Seperti inilah tipe pengering tangan yang biasa kalian temukan di area publik. Angin hanya keluar dari bagian atas.

Tangan kalian akan lebih cepat kering dengan pengering tangan jenis ini karena angin akan keluar dari kedua sisi. Tempatkan tangan kalian didalamnya dan tangan akan kering dalam beberapa detik saja.

– Wastafel –

1h image_1393385185124_article

Ini tipe wastafel yang biasa. Terkadang tidak ada sabun, tapi sangat jarang.

Dari kiri ke kanan: sabun, air, pengering tangan kecil.

Wastafel 3-in-1 

Wastafel dalam gambar ini bertipe 3-in-1. Ada air, sabun, dan pengering tangan, dan tentu saja semuanya bekerja dengan sensor. Tak perlu memencet tombol apapun, semuanya otomatis.

– Sempurna untuk wanita: powder room –

Dalam toilet umum di Jepang, tentu saja ada toilet, wastafel untuk mencuci tangan, dan bahkan tempat untuk me-retouch makeup!

Seperti inilah kamar kecil untuk wanita di JR Tower observation deck. Seperti bisa dilihat, ada banyak kaca untuk me-retouch makeup. Bahkan ada cukup tempat untuk meletakkan tas!

Powder room di department stores

Seperti inilah penampakan kamar kecil untuk wanita di Keio (department store ternama di Jepang). Ada banyak kaca sehingga setiap orang dapat mengaplikasikan makeup-nya, dan bahkan ada tempat untuk duduk dan meja untuk meletakkan alat-alat makeup.

Powder room lainnya 

Makeup sangat penting bagi wanita Jepang. Inilah kursi, meja, dan kaca yang dapat kalian gunakan secara cuma-cuma di kamar kecil untuk perempuan. Jadi luangkan waktu dan bersantailah selama mengenakan makeup.

Di Mitsukoshi department store, Ginza

– Pada rumah Jepang –

Keran di atas tangki air?!

Banyak toilet di rumah-rumah Jepang memiliki keran di atas tangki air untuk menghemat air.

Alat penghemat air di toilet Jepang: tangki air untuk menyiram toilet tidak diisi secara langsung namun melalui keran di atas tangki, sehingga pengguna dapat mencuci tangan mereka dan mendaur ulang air untuk menyiram toilet. Alatnya diaktifkan oleh ketinggian air di dalam tangki, dan jika ketinggian air berkurang (contoh setelah digunakan untuk menyiram), air akan mengalir untuk mengisi tangki. Terkadang airnya tidak hanya digunakan untuk mencuci namun juga dikombinasikan dengan larutan anti kuman di bagian bawah yang mirip dengan urinal cake (=sejenis blok maupun lingkaran untuk menyerap bau/mengharumkan urinal) untuk meningkatkan higienitas.

Terkadang keran seperti ini juga dilengkapi dengan handuk tangan.

– Set kamar mandi –

Jika kalian berkunjung ke rumah teman di Jepang, kalian mungkin akan menemukan set toilet seperti ini di kamar mandinya: karpet, penutup toilet, dan selopnya! Terkadang dilengkapi juga dengan handuk tangan dan penutup pegangan pintu yang semotif.

Seperti inilah contoh set kamar mandi. Cara yang keren untuk mendekorasi ruang kecil dalam rumah dan membuatnya terlihat begitu nyaman.

Penahan kertas toilet dan penutupnya

– Set toilet yang sangat imut –

Set klasik

Inilah caranya untuk menciptakan atmosfir tenang di kamar mandi! Satu dan satu-satunya cara: warna hijau. Tidakkah ini akan membuat kalian merasa seperti di tengah alam? Bahkan penutup kertas toiletnya pun berwarna hijau.

Pink floral set 

Sebuah set yang terdiri dari penutup toilet, karpet, selop, penahan kertas toilet dan penutupnya, dan handuk tangan.

Set Minnie Mouse 

Seperti inilah set Minnie Mouse yang super girly. Karpet berbentuk pitanya terlalu imut!

Set Totoro

Apakah kalian penggemar Totoro? Kalian akan menyukai set toilet Totoro ini. Lihatlah karpetnya, bentuknya seperti daun!

Sangat kontras! Washiki, toilet bergaya Jepang 

Anehnya, masih ada toilet bergaya Jepang, toilet jongkok, di beberapa tempat. Beberapa orang lebih suka menggunakan ini karena lebih mudah dibersihkan dan lebih higienis.

Jadi mana yang lebih kalian sukai, toilet jongkok atau toilet super modern?

Advertisements